Labels

Rabu, 06 Agustus 2014

Pesawat Tempur Terhebat dan Tercanggih Saat ini



Pesawat Tempur merupakan salah satu andalan setiap negara dalam melindungi dan mempertahankan negaranya. Selain untuk melindungi, pesawat tempur juga melambangkan bagaimana kemajuan tehnologi suatu negara. Perkembangan tehnologi saat ini membuat pesawat tempur makin canggih dari masa kemasa. berbagai fitur dan peralatan cangggih dan juga sangat berbahaya tertempel di berbagai letak dalam pesawat tersebut. Saat ini banyak sekali negara-negara maju yang memiliki pesawat-pesawat tempur yang supercanggih dan dengan berbagai kelebihan masing-masing. Berikut admin ingin mencoba mengurai beberapa pesawat tempur milik luar negeri yang merupakan pesawat terkuat dan tercanggih saat ini. 


1. Pesawat Pengebom Siluman B-2 Spirit





Northrop Grumman B-2 Spirit merupakan pesawat pengebom siluman milik Amerika Serikat yang dirancang untuk menembus suatu sistem pertahanan udara musuh dan mampu membawa senjata konvensional dan nuklir. Pesawat pengebom ini memiliki 2 orang kru dan mampu melepaskan bom seberat 230 kg bom berpemandu GPS dan 1.100 kg bom nuklir B83. Pesawat ini mampu terbang diatas ketinggian 15 ribu meter namun biaya pembuatan, operasional dan perawatannya sangat mahal.

2. Pesawat Tempur Dassault Rafale Milik Perancis


Dassault Rafale merupakan pesawat milik Perancis yang mempunyai mesin ganda, sayap kanard delta dan merupakan pesawat tempur serbaguna. Pesawat ini sangat gesit, memiliki kemampuan untuk melakukan supremasi udara secara simultan, melakukan interdiksi, reconnaissance, dan melakukan misi pencegahan. Pesawat tempur ini telah digunakan dalam perang di Afganistan, Libya dan Mali. Untuk masa mendatang, radar, mesin dan avionic akan diperbaiki dengan teknologi terbaru.


3. Pesawat Tempur Sukhoi T-50 PAK FA



Sukhoi T-50 PAK FA merupakan pesawat tempur generasi ke-5 buatan Angkatan Udara Rusia yang dirancang sebagai suksesor MiG-29 dan Su-27 dan melakukan debut terbang pada tanggal 29 Januari 2010. Pesawat yang mempunyai usia selama 30-35 tahun ini mempunyai kemampuan siluman dengan kecepatan tinggi (supercruise) dan menerapkan teknologi avionic tinggi dengan menerapkan teknologi radar Active Electronically Scanned Array(AESA) dan sistem kecerdasan buatan.
Sukhoi T-50 merupakan pesawat generasi terakhir yang mempunyai kemampuan mutakhir untuk melakukan serangan di udara, permukaan dan meluncurkan roket ke kapal sehingga kadang dibandingkan dengan F-22 Raptor. T-50 mempunyai desain sayap dan body yang dirancang untuk mengakomodasi perlengkapan senjata antara mesin dan dapat melakukan manuver vertikal dan horizontal.

4. Pesawat Tempur F-35 Lightning II

Inilah foto F-35 Lightning II yang mempunyai kursi dan mesin tunggal sebagai pesawat tempur generasi ke-5 yang mempunyai berbagai peranan seperti menyerang permukaan, kemampuan reconnaissance (kemampuan pesawat untuk melakukan eksplorasi kepada area tertentu untuk mendapatkan informasi yang penting tentang kekuatan militer musuh dan tampilan lingkungan yang akan dianalisa lebih lanjut).
Pesawat tempur F-35 mempunyai 3 varian model yaitu F-35A dengan kemampuan mendarat dan lepas landas konvensional, F-35B dengan kemampuan take off pendek dan vertical landing dan F-35C dengan kemampuan untuk melakukan operasi dari kapan induk. F-35 dikembangkan oleh produsen pesawat Lockheed Martin yang melakukan terbang pertama kali pada tahun 2006 dimana ukuranya lebih kecil dari F-22 Raptor. Pesawat ini mempunyai keunggulan pada kemampuan radar, kecepatan dan manuvernya yang ekstrim dengan teknologi sensor yang canggih.
5. Pesawat Tempur F-18 Hornet


Pesawat Tempur F-18 Hornet mempunyai mesin ganda supersonik yang mempunyai kemampuan serbaguna dengan kecepatan maksimum 1.8 Mach dan dapat membawa banyak jenis bom dan roket untuk melakukan serangan udara dan permukaan. F-18 mempunyai karakteristik aerodinamik yang baik dimana terdapat perpanjangan permukaan sayap pesawat. Pesawat ini merupakan rancangan dasar untuk mengembangkan pesawat Boeing F-18 Super Hornet yang mempunyai ukuran lebih besar dengan daya jelajah lebih tinggi.

6.  Pesawat Tempur Mikoyan MiG-35


Pesawat tempur Mikoyan MiG-35 mempunyai harga bervariasi, tergantung permintaan konsumen, sekitar $30 juta per unit. Pesawat generasi 4++ awalnya dirancang sebagai model pesawat demo MiG-29M2 yang diklasifikasikan sebagai pesawat dengan berat medium dengan kemampuan take-off meningkat sebanyak 30 peesen dibandingkan versi sebelumnya.
Pesawat MiG-35 dengan kursi tinggal mempunyai kemampuan avionic yang cukup bagus dengan sistem persenjataan lengkap. Sistem radarnya menerapkan teknologi AESA, GCI dan OLS yang membuatnya dapat melakukan berbagai misi termasuk membawa bomb seberat 2 ribu pon.
7. Pesawat Tempur Saab JAS 39 Gripen Milik Swedia

Saab JAS 39 Gripen merupakan pesawat tempur serbaguna dengan mesin tunggal dan mempunyai bobot ringan yang diproduksi oleh Saab, salah satu perusahaan Swedia yang dirancang untuk menggantikan Saab 35 Draken dan 37 Viggen yang digunakan Angkatan Udara Swedia. Pesawat ini memiliki sayap berbentuk delta dan konfigurasin kanard dengan stabilitas dan control yang baik. Mesin pesawat ini menggunakan Volvo RM12 dengan kecepatan maksimum Mach 2. Pesawat ini digunakan oleh NATO dengan melakukan modifikasi tertentu. Pesawat tempur ini memiliki kemampuan lepas landar pendek yang baik.
8. Pesawat Tempur Siluman Chengdu J-20

Ini merupakan gambar Chengdu J-20 sebuah pesawat tempur siluman buatan Cina generasi ke-5 dengan mesin ganda yang dikembangkan oleh Chengdu Aircraft Industry Group for the Chinese People`s Liberation Army Air Force (PLAAF). Debut pesawat ini terjadi pada tanggal 11 Januari 2011 dan diharapkan beroperasi pada tahun 2017-2019. Konfigurasi kerangka pesawat ini berbentuk kanard delta dengan badan pesawat yang panjang untuk menghasilkan kecepatan supersonik yang baik.

9. Pesawat Tempur Dassault Rafale Milik Perancis

Dassault Rafale merupakan pesawat milik Perancis yang mempunyai mesin ganda, sayap kanard delta dan merupakan pesawat tempur serbaguna. Pesawat ini sangat gesit, memiliki kemampuan untuk melakukan supremasi udara secara simultan, melakukan interdiksi, reconnaissance, dan melakukan misi pencegahan. Pesawat tempur ini telah digunakan dalam perang di Afganistan, Libya dan Mali. Untuk masa mendatang, radar, mesin dan avionic akan diperbaiki dengan teknologi terbaru.
10. Pesawat Tempur Sukhoi Su-47 Berkut Golden Eagle

Sukhoi Su-47 Berkut merupakan pesawat tempur buatan Rusia dengan desain sayap penyapu pembeda yang memberikan kemampuan baik dalam kegesitan dan bermanuver dalam kecepatan tinggi. Dimensi Su-47 sama dengan Su-35. Untuk menghemat biaya pengembangan Su-47 mengadopsi desain badan pesawat bagian depan, ekor vertikal dan roda pendaratan dari model Su-27 dengan perbaikan di bagian radar, sistem persenjataan dan teknologi lainnya.
Untuk memperbaiki masalah sayap yang berbentuk menekuk kedepan, Su-47 menggunakan material komposit yang dirancang untuk tahan terhadap puntiran dan memperbaiki aerodinamikanya. Pesawat ini sangat gesit dalam kecepatan subsonik dimana mampu meningkatkan sudut serangan dan lintasan terbang dengan cepat sambil mempertahankan kemampuan manuver dalam kecepatan supersonik dimana kecepatan maksimum sebesar 1,6 Mach dan kemampuan 9g.

11. Pesawat Tempur F-22 Raptor

Pesawat F-22 Raptor dengan harga jual sekitar $120 juta per unit yang mempunyai banyak kelebihan sebagai pesawat tempur siluman dengan kecepatan tinggi, lincah, akurat, dan mempunyai kemampuan tinggi untuk melakukan serang udara dan permukaan sehingga disebut sebagai pesawat tempur terbaik di dunia.
Pesawat termahal di dunia ini dapat bekerja pada tekanan dan temperatur tinggi karena menggunakan material titanium dan komposit yang sangat kuat dan salah satu pesawat tempur yang mampu terbang dengan kecepatan supersonic tanpa menggunakan pembakaran afterburner. F-22 dapat bermanuver dengan tingkat kesulitan tinggi pada kecepatan subsonik dan supersonik dengan menggunakan material penyerap radar dan emisi infra merah agar lebih sulit dilacak.

12. Pesawat Tempur Sukhoi Su-30MKI

Sukhoi Su-30MKI merupakan pesawat tempur yang mempunyai kemampuan bermanuver yang superior yang dikembangkan oleh Rusia dan dirakit oleh Hindustan Aeronautics Limited (HAL) untuk Angkatan Undara India. Pesawat ini mempunyai kemampuan yang mirip dengan Su-35 dimana komponen sistem dan avioniknya berasal dari India, Perancis dan Israel.
Itulah beberapa pesawat terhebat dan tercanggih saat ini. Silahkan bandingkan dengan pesawat tempur Indonesia. Semoga artikelini bermanfaat dan menambah wawasan anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...