Labels

Kamis, 29 November 2012

Arkeolog Ekskavasi Kerangka Manusia di Pantai Binangun

 adisulistyo.wordpress.com
Batu berpahat wajah Raksasa - Situs Blora

REMBANG, suaramerdeka.com – Tim arkeolog Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta melakukan ekskavasi situs bernilai sejarah di dua lokasi berbeda di Kabupaten Rembang.

Tim beranggotakan lima arkeolog dibantu warga lokal setempat melakukan penggalian di kawasan Pantai Binangun, Lasem dan situs Plawangan, Kragan.

Ketua Tim Arkeolog Gunadi mengatakan, di kawasan Pantai Binangun pihaknya fokus melakukan penggalian kerangka manusia yang terkubur di tepi pantai sebelah utara. Tim juga melakukan penggalian untuk mencari gerabah sekitar 200 meter sebelah selatan lokasi penggalian kerangka.
"Eksakavasi ini kami lakukan setelah ada laporan temuan kerangka manusia sekitar 2010 lalu. Kami akan melakukan penggalian di Pantai Binangun dan Plawangan selama seminggu ke depan," jelasnya, Rabu (28/11).
Di Pantai Binangun, tim terus melakukan penggalian di dua titik kerangka dan temuan fragmen tembikar. Gunadi mengatakan, penemuan kerangka itu penting untuk mengungkap tradisi prasejarah pada masa lampau.
Apalagi di Rembang, situs prasejarah kerap ditemukan di daerah pinggir pantai. "Kondisi kerangka dan fragmen tembikar yang ditemukan akan bisa menjelaskan bagaimana kondisi saat zaman prasejarah dulu. Masih butuh waktu yang panjang untuk menelitinya," ujarnya.
Tengkorak kerangka manusia itu sudah diangkat Tim Balar dan disimpan di Situs Plawangan. Terkait sisa kerangka, tim belum memutuskan apakah akan mengangkatnya. Terlebih kondisi kerangka yang sudah rapuh.
"Setelah di sini rampung, kami berencana melanjutkan ekskavasi di dua titik sekitar Puskesmas Kragan sekitar 200 meter dari Situs Plawangan. Temuan ini akan memperkaya penelitian situs Plawangan yang sudah ada," jelasnya


artikel ini dicopy dari :   Arkeolog Ekskavasi Kerangka Manusia di Pantai Binangun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...