Labels

Selasa, 27 November 2012

Menjelajahi si "Perawan" Pulau Moyo, NTB

Kekayaan alam di Indonesia tidak pernah habis untuk ditelusuri. Indonesia merupakan negara kepulauan dan memiliki banyak sekali pulau-pulau kecil. Diantara jejeran pulau tersebut, Pulau Moyo adalah salah satunya. Memiliki luas wilayah sekitar 30 ribu hektar, Pulau ini masih sangat alami. Pulau Moyo hampir tidak tersentuh oleh pembangunan, sehingga berada disini seperti berada di dalam hutan yang luas. Pulau yang terletak di Sumbawa, Nuas Tenggara Barat ini menyimpan keindahan yang luar biasa. Anda para pecinta alam pasti sangat senang berlibur ke tempat. Berbagai aktivitas menarik tentang alam bisa anda lakukan disini, misalnya saja trekking ke kedalaman hutan. Namun harap hati-hati, Pulau ini benar-benar tidak berpenghuni sehingga anda tidak bisa meminta bantuan jika tersesat di dalamnya. Oleh sebab itu ajaklah pemandu saat masuk ke dalam kawasan ini.





Ada banyak hal yang bisa dibanggakan dari Objek wisata Pulau Moyo, salah satunya adalah ekosistemnya yang lengkap. Ada banyak satwa yang mungkin akan anda temui saat menyusuri pulau ini. Tidak hanya memiliki kawasan hutan yang indah, namun pemandangan lautnya juga tidak kalah cantik. Jika anda belum sempat berlibur ke Raja Ampat atau Bunaken, Pulau Moyo bisalah menjadi pelepas dahaga. Walaupun tidak memiliki kekayaan koral seperti di Raja Ampat, namun anda tetap akan dibuat takjub dengan pemandangan bawah airnya.


Struktur karang di sekitar pantai masih sangat baik, artinya belum rusak oleh kegiatan manusia seperti memancing atau berenang. Ada banyak hewan laut yang tinggal disini, misalnya belut, ikan hiu, pari manta, anemon, dll. Menjelajahi keindahan Objek wisata Pulau Moyo mungkin tidak cukup satu hari saja. Jika anda ingin berlibur lebih lama, anda bisa menginap di tempat ini. Ada sebuah resor yang menyediakan penginapan dengan tenda. Walaupun hanya menggunakan tenda, namun soal kenyamanan cukup terjaga.





Ada satu fakta menarik tentang Pulau Moyo, yaitu pernah dikunjungi oleh Putri Diana dan Mick Jagger. Ini tentu sebuah kebanggaan tersendiri bagi kita warga Indonesia. Orang suka datang kesini karena suasananya tenang dan jauh dari kebisingan kota. Oleh sebab itu jika anda sedang mencari tempat liburan yang bisa membuat anda menyatu dengan alam, maka Objek wisata Pulau Moyo adalah rekomendasi yang paling tepat.





Ada berbagai tempat yang bisa anda kunjungi di Pulau Moyo, salah satunya adalah pantai Kencana. Di pantai ini anda bisa berkeliling sambil menikmati panorama pantai yang indah. Bagi anda yang hobi berenang, anda juga bisa melakukannya di tempat ini. Tempat lainnya adalah Gua Ai Manis, ini adalah salah satu tempat favorit wisatawan. Untuk mencapai Gua ini, anda harus sedikit naik tebing. Di dalam gua terdapat ratusan ekor kelelawar. Saat trekking, anda juga bisa berkunjung ke Air Terjun Brang Rea yang berlokasi di tengah pulau. Untuk sampai ke Pulau Moyo sangatlah mudah. Dari Sumbawa Besar ke Ai Bari hanya berjarak sekitar 20 km, dan anda bisa memakai mobil untuk mencapai tempat ini. Jika tidak ingin direpotkan dengan masalah transportasi dan akomodasi, pakai saja jasa agen perjalanan. Ai Bari merupakan perkampungan nelayan yang merupakan rumah bagi suku Bajo dan Bugis. Dari Ai Bari anda bisa langsung menyeberangi lautan menuju Pulau Moyo dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.





Apa saja kekayaan alam Pulau Moyo? Ada banyak sekali, salah satu yang paling menonjol adalah beragamnya flora dan fauna yang terdapat disini. Pulau Moyo merupakan rumah bagi ratusan kupu-kupu, puluhan spesies kelelawar, burung, babi liar, ular, dan rusa. Ada setidak 86 spesies burung yang tinggal di Pulau ini, diantaranya adalah kakatua kuning yang langkan dan burung gosong. Baru mendengar burung gosong? Makanya datang saja kesini agar bisa melihatnya dari dekat.

Itu tadi sedikit informasi tentang Objek Wisata Pulau Moyo. Semoga bermanfaat buat anda.


artikel ini di copy dari : Menjelajahi si "Perawan" Pulau Moyo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih telah berkunjung, Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...