Labels

Selasa, 20 November 2012

Menelusuri 10 Rumah Bawah Tanah Terbaik di Dunia

Kreatifitas memang tanpa batas. Ini pula yang terjadi dengan ide pembangunan rumah. Dengan populasi manusia yang makin tinggi setiap tahunnya, membawa ide-ide gila beberapa orang membangun rumah bawah tanah.

Layaknya bangsa Hobbit di serial film Lord of The Ring, contoh 10 rumah bawah tanah berikut tercipta. Konsep gua hingga rumah di dalam tanah mungkin menjadi solusi manusia kelak.

1. Rumah gua di Festus


Rumah ini seakan 'nyempil' di antara gunung bebatuan di Festus, Missouri. Seperti dilansir ArchDaily, Cave House terletak di ketinggian 15.000 kaki. Rumah dibangn oleh Curt dan Deborah Sleeper dengan arsitektur gaya modern.

Interior Cave House menyatu dengan dinding bebatuan yang ada di sisi kiri dan kanan. Rumah ini sudah sangat nyaman bahkan tanpa penyejuk udara dan penghangat ruangan. Ini terjadi karena sejak awal Cave House dirancang sebagai rumah hemat energi.

2. Malator di Druidstone


Malator merupakan rumah bergaya kontemporer. Bangunan unik ini adalah hasil karya arsitektur asal Wales. Bangunan menyatu dari beberapa bagian, mulai dari atap rumput hingga terdapat cerebong asap.

Rumah ini juga dikenal dengan nama the Teletubby house. Desain rumah tergolong sederhana karena hanya memiliki satu ruangan. Terdapat area dapur, kamar mandi, dan ruang istirahat di dalam bangunan. Berwarna hijau dan terlihat menyolok di tengah-tengah dominasi warna putih.

Arsitek terkenal Dr Greg Stevenson bahkan menyatakan jatuh cinta pada Malator, bangunan yang mulai dibanun sejak 1998 ini. Jurnalis properti setempat menyematkan gelar 'Breathtaking’ and ‘Stunning’ untuk Malator. Pada bagian lain rumah ini sempat dikenal sebagai Teletubby House.

3. Rumah tersembunyi di Lower Silesia


Jika sering kali hamparan rumput rumah adalah halaman, namun khusus Hidden House justru 'hijau' Hidden House adalah atap. Terletak di Polandia, terciptanya rumah ini didalangi oleh KWK Promes.

KWK menghadirkan hunian bergaya modern dan tetap menghadirkan sentuhan alam. Untuk ke dalam rumah, tamu seakan menuruni 'tangga'. Atap rumput ini sekaligus menjadi katalistor suhu dingin yang menyelimuti Polandia.


4. Great Ormside, Cumbria


Great Ormside terletak di Inggris. Rumah bawah tanah ini merupakan hasil karya arsitek John Bodger dari Phil and Helen Reddy.

Rumah ini tepatnya terletak di lembah Eden, area bekas penambangan tua. Lembah ini juga menghadirkan pemandangan yang luar biasa indah. Rumah tersembunyi di balik bebatuan dan terdiri dari dua lantai.

Great Ormside menjadi satu kesatuan dengan alam sekitarnya. Bangunan hadir di 2002 lalu dimana fungsi tiap lantainya berbeda. Satu sebagai klinik hewan dan lainnya untuk hunian.


5. Sedum House, North Norfolk Coast



Sedum House tercipta dari memaksimalkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan hingga diharapkan penggunaan penerangan minim. Konsep ini ternyata berhasil meski ini adalah rumah bawah tanah.

Sedum House secara otomatis menjadi hangat dan sejuk. Hasil air hujan yang turun juga dimanfaatkan rumah ini, hingga konsep Eco-friendly layak disandang Sedum.

6. Flower Petals


Jika memandang rumah yang terletak di wilayah Bolton, Inggris ini secara vertikal, bangunan seperti kelopak bunga. Dan tahukan Anda, bangunan unik ini ternyata milik Gary Neville, mantap kapten tim klub sepak bola Manchester United.

Gary memang ingin memiliki rumah bawah tanah namun tetap ramah lingkungan. Rencananya akhirnya terwujud setelah sebelumnya mendapat persetujuan dari regulator setempat.

Bentuk kelopak bunga bertujuan agar memudahkan cahaya matahari mudah masuk ke segala penjuru ruang bawah tanah milik Gary. Total bangunan seluas 8.000 square foot dan memiliki empat kamar tidur.

7. Stone Desert Home


Seperti dilansir situs dornob, rumah yang satu ini terletak di Yunani. Tepatnya berada di 'dalam' bukit. Struktur rumah memanjang dengan beberapa bukaan sengaja dihadirkan guna memudahkan cahaya masuk.

Bukti tua ini sepintas seperti padang gurun. Namun terdapat rumput dan beberapa tanaman hijau. Hunian ini terinspirasi pula dari elemen tradisi Yunani.

8. Estate Lttenstrasse, Dietikon


Vetsch sengaja menciptakan Estate Lättenstrasse berbeda. Terletak di kawasan pemukiman, Lättenstrasse terdiri dari sembilan hunian yang saling terhubung.

Fasilitas parkir dan tangga menuju rumah bawah tanah juga tersedia. Rumah di dalam tanah ini memang sengaja dihadirkan untuk melindungi dari cuaca Swiss yang ektrem.

Tiap rumah seperti terlihat dari situs erdhaus, terdapat tungku sebagai area penghangat di kala musim dingin tiba.

9. Rumah Hobbit di Vals


Swiss seakan tidak habis menghadirkan rumah bawah tanah yang menakjubkan. Kali ini Vals, yang merupakan karya arsitektur SeArch dan Christian Müller.

Vals juga memiliki pemandangan yang luar biasa, selain pula terdapat kamar mandi dengan suhu hangat. Rumah ini terasa hangat sangat musim dingin dan sejuk di kala musim panas tiba.

10. Rumah singgah untuk disewakan, Kandovan


Cave Dwellings For Rent alias rumah singgah untuk disewakan terletak di Iran, tepatnya di dasar pegunungan Sahand. Percayakan Anda, komplek hunian ini sudah ada sejak 700 tahun lalu. Pendirian rumah ini dilakukan dengan cara dipahat.

Rumah bawah tanah ini mirip seperti apartemen tua. Bentukan ruang diambil dari tumpukan tanah berusia tua. Namun seiring perjalanan ave Dwellings mengalami pemugaran demi memenuhi akspek kenyamanan. 
 
 
 
artikel ini di copy dari :   Menelusuri 10 Rumah Bawah Tanah Terbaik di Dunia

1 komentar:

  1. Live underground it sounds strange. Even if imaginable, would normally be thought of locations that resemble caves, narrow spaces
    http://www.suksestoto.com/

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...